Saturday, August 11, 2012

Tips-tips Menulis dari Lexie

1. Biasakan diri menulis setiap hari. Satu halaman, satu paragraf, atau, mengutip Stephen King, tujuh kata pun sudah merupakan perkembangan yang bagus.

2. Buatlah tokoh dengan karakteristik mendetail. Misalnya: Tony si cowok ganteng yang dekil, tipe cowok yang bikin iri semua orang karena bisa mendapatkan semuanya dengan mudah: tampang ganteng, orangtua tajir, otak cerdas, jago olah raga. Dia naksir berat pada tetangganya yang sudah dikenalnya dari kecil. Tony juga cowok yang sangat loyal pada teman-temannya, dan nggak segan-segan berinisiatif melakukan apa saja untuk membela mereka.

3. Cemplungkanlah tokoh-tokoh itu dalam berbagai kesulitan. Siksa mereka seganas-ganasnya (ups).

4. Biarkan karakter dari setiap tokoh yang berbicara, bagaimana mereka meloloskan diri dari setiap kesulitan itu. Jangan memaksa mereka melakukan apa yang tidak ingin mereka lakukan. Menentang karakter si tokoh akan membuat si tokoh terlihat tidak hidup.

5. Selami perasaan mereka, tertawa bersama mereka, menangis bersama mereka, marah untuk masalah-masalah mereka, jatuh cinta pada orang yang mereka sukai. Ingat, kalau penulisnya saja tidak tergerak hatinya, bagaimana mungkin bisa menggerakkan hati pembaca?

6. Dalam menulis setiap adegan, ingat-ingatlah untuk menulis adegan yang ingin kamu baca, cerita yang bikin kamu penasaran dan bertanya-tanya bagaimana kelanjutan dari kisah tersebut. Kalau kamu nggak penasaran, pembaca nggak akan penasaran juga.

7. Yang terakhir, jangan pernah batasi imajinasimu. ^^v

Informasi penting:

1. Tidak ada batasan usia untuk menjadi penulis. Kamu tetap bisa menjadi penulis meski baru SMP.

2. Tidak perlu membayar kepada penerbit untuk menerbitkan naskahmu. Kalau diterbitkan, penerbit yang akan memasarkan buku-bukumu dan membagi hasil keuntungannya denganmu.

3. Tidak perlu tinggal di Jakarta untuk menjadi penulis. Kamu bisa mengirimkan naskahmu dari kota mana saja kepada penerbit pilihanmu.

Good luck, future writers!

xoxo,
Lexie

3 comments:

Unamet86 said...

gimana cara menulis ttg sesuatu yg blum pernah kita alami?

Tsabita Al Asshifa Hadi Kusuma said...

gomawo, eonniii :')

Kim Kina said...

Thank's tips'a kalex :)