Monday, November 2, 2015

Sumpah Pemuda: Makna dan Pesan dari Mira W, Ahmad Fuadi, Lexie Xu, dan Christina Juzwar

Hai SCOOPers, masih dalam suasana Sumpah Pemuda. Kali ini SCOOP akan menampilkan hasil interview dari para penulis best seller Indonesia tentang Sumpah Pemuda. Kira–kira apa ya pendapat mereka tentang makna Sumpah Pemuda dan pesan mereka untuk para pemuda–pemudi di Indonesia? Simak yuk ulasannya di bawah ini!

- Mira W (Novelis Indonesia Legendaris)

Menurut saya sebagai seorang penulis yang paling bermakna dari Sumpah Pemuda adalah bagian yang ketiga,

Kami putra putri Indonesia menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia.

Berpegang pada sumpah ini saya berusaha untuk selalu menulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan mengurangi sedapat mungkin penggunaan bahasa asing dalam judul dan isi karya-karya saya. Saya merasa bangga kalau dapat mencurahkan kreativitas saya dengan bahasa Indonesia yang indah.

Untuk penulis muda, pesan saya, marilah kita bersama-sama merasa bangga karena dapat menggunakan bahasa Indonesia yang indah dan tepat dalam karya-karya kita.

- Ahmad Fuadi (Penulis Novel Trilogi Negeri 5 Menara)

Makna sumpah pemuda bagi saya adalah untuk memaksimalkan potensi Indonesia, kita perlu keikhlasan untuk melebur dalam kebersamaan bahasa dan bangsa.

Pesan saya untuk anak muda: Jangan remehkan impian walau setinggi apa pun karena Tuhan Maha Mendengar. Lalu selalu bela impian itu dengan kerja keras dan doa.

Man jadda wajada.

- Lexie Xu (Penulis Novel Omen Series & Johan Series)

"Di zaman modern ini, Hari Sumpah Pemuda adalah hari di mana kita diingatkan lagi untuk membangun negara kita yang seharusnya kaya ini. Mudah bagi kita untuk pergi dan tinggalkan Indonesia untuk hidup yang lebih baik, tapi meski selalu ada negara lain yang lebih hebat, hanya ada satu tanah air kita, Indonesia. Malu kalau kita malah ikut membangun negara lain, membayar pajak untuk negara lain, dan lupa dengan negara sendiri!

Dan omong-omong, bahasa Indonesia itu bahasa yang indah lho, sulit dan juga menarik untuk ditelusuri. Itu sebabnya saya selalu menggunakan bahasa Indonesia untuk judul-judul novel saya. Saya bangga jadi bangsa Indonesia, dan saya berharap di kemudian hari anak saya juga bisa meneruskan kebanggaan ini."

- Christina Juzwar (Penulis Novel Let Me Kiss You & Bride Wannabe)

Menurutku sumpah pemuda itu panutan dan pengingat untuk seluruh masyarakat Indonesia. Tidak hanya untuk para pemuda sekarang ini, tapi juga para orangtua, agar bisa mendidik anaknya sedini mungkin bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang penuh keragaman dan bangga menjadi bagiannya.

Pesan untuk para generasi muda : Selalu bersatu, jangan sampai tercerai berai, berkontribusilah untuk Indonesia dengan menjadi pemuda yang mandiri, kreatif dan bisa dibanggakan.

Sumber: http://www.getscoop.com/berita/makna-pesan-sumpah-pemuda-dari-penulis

No comments: