Thursday, May 5, 2011

Dan pemenangnya adalah...

... nanti dulu.

Pertama-tama, aku ingin bercerita kenapa aku mengadakan kuis ini. Mungkin kalian udah tau, kalo setiap penulis diberi jatah gratis sejumlah buku karangannya oleh penerbit. Aku nggak tau jumlah jatah itu sama bagi setiap penulis atau tidak (atau mungkin berbeda sesuai genre/oplah cetakan/dsb), tapi jatahku, terus terang, ada sepuluh. Ada sejumlah orang dekatku yang dengan gembira kubagi buku-buku ini--keluarga, teman dekat, dan orang-orang yang sudah berjasa padaku.

Sayangnya, entah kenapa setiap orang yang tahu aku adalah penulis hobi banget minta buku gratis padaku. Padahal, berhubung usiaku sudah nggak muda lagi, teman-teman dan kenalan baruku terdiri dari ibu-ibu yang sudah hidup mapan, kebanyakan memiliki gaya hidup yang lebih royal dan boros dariku, dan (celakanya) sebagian nggak punya minat untuk membaca lagi. Jadi rasanya konyol banget bagiku untuk mendengarkan orang-orang berceloteh, "Eh, bagi bukunya dong!" padahal aku tahu mereka sanggup membeli dan kemungkinan besar mereka juga nggak akan membaca bukuku. (Tentu saja, meski keluarga dan teman dekatku juga sanggup membeli novelku, aku lebih suka memberi secara gratis.)

Sementara itu, miris hatiku setiap kali membaca ada pembaca yang susah-payah nabung buat beli TeenLit karena mereka suka sekali membaca, ada yang nggak bisa nemu TeenLit lagi di toko buku terdekat, ada yang bahkan rela membagi buku mereka untuk teman-teman yang nggak sanggup membeli. Aku sama sekali nggak keberatan membagi milikku, jatah buku gratis yang diberikan penerbit untukku, dan jelas pemberian itu akan jauh lebih berarti daripada diminta oleh pihak-pihak yang sama sekali nggak menghargainya dan hanya ingin barang gratisan saja.

Pesan terakhirku sebelum mem-posting nama pemenang, jangan kecewa kalau nggak menang. Kalau nama kalian nggak ada di bawah ini, bukan berarti jawaban kalian salah atau jelek. Jujur, aku sangat berat hati memilih nama pemenang karena jawaban semuanya bagus-bagus banget, sampai aku mengulur-ulur waktu. Dan juga, jangan khawatir. Mungkin saat ini kalian mengikuti kuis Obsesi tapi nggak berhasil menang, tapi selalu ada lain kali. Setiap kali aku menerbitkan buku baru atau ada buku lama yang cetak ulang, aku akan mengadakan kuis yang nggak sulit, dan kalian semua punya kesempatan yang sama untuk menang. Aku nggak akan pilih kasih terhadap pembaca tertentu. Semuanya, suatu saat nanti, pasti akan kebagian hadiah.

Jadi, inilah nama lima pemenang kuis Obsesi berhadiah novel Pengurus MOS Harus Mati:

1. Dewi Putricia, 16 thn, SMA-N 9 jakarta

Tokoh yang aku suka itu adalah markus. Hmmm,alasannya kenapa yah?! Aku suka aja sama dia.
Oke aku jelasin kenapa..Markus itu cerdik, usil,setia kawan,perhatian,lucu.. Waduh,tipe yang aku suka deh. Udah gitu keren lagi,jago berantem. Pake kacamata pula, ngebanginnya tuh keren banget. Haha Behh,tambah suka deh.
Selain markus aku juga suka jocelyn, penasaran suer sama dia. Cuma sayang,bagian dia sedikit sangat...

Tokoh yang aku gak suka itu johan. Suer,psikopat abis... Ngeri deh kalo ada orang kayak dia berada di sekitar lingkunganku. Mana dia melihara ular lagi *apa hubungannya coba?!* terus rumahnya bikin bulu kuduk merinding*gak nyambung nih anak*.. sebenernya aku kasian sih, cuma kalo mau dapet perhatian gak usah sampe kayak gitu lagi cara dia itu salah. Malah bikin orang jadi ngeri nd gak mau deket deket dia. *loh kok jadi curhat?*
Intinya aku gak suka johan, titik. Hahaha


Komentar Lexie: Kaget waktu baca Dewi suka Jocelyn juga. Semoga rasa suka Dewi bertambah nanti di buku keempat. ^^ Oh ya, aku juga nggak suka banget sama ular. Kalo ke Safari semua suka foto sama ular, aku sih kabur saja lah yaww...

2. Nadia Tinting Sidharta, 14 tahun, SMPN 1 Bantaeng, SulSel

a. Siapa tokoh dalam OBSESI yang paling kamu suka dan apa alasannya?
Jawab : Johan dong..
Tokoh yang membuat novel seruu bangeet.. Misterius sangat dan sangat sulit diteebak orgnya. Mungkin dibalik kejahatan yang dia buat dia itu baik hanya sja dia tertekan dgn kehidupannya :(

b. Siapa tokoh dalam OBSESI yang paling kamu sebel dan apa alasannya?
Jawab: Johan juga.. Krn dibalik misteriusnya itu dia jahat dia mau membunuh/mencelakakan Jenny Angkasa tanpa Άϑά sebabnya.. Aneh kalau dipikirnya, Mana mungkin sebabnya cuma krn Jenny Angkasa tinggal di bekas rumahnya..
 

Komentar Lexie: Hebat, bisa suka & sebel tokoh yang sama! Kreatif banget! Tapi emang bener. Johan itu menakutkan karena bisa mencelakakan kita hanya karena sebab-sebab kecil, tapi kita harus kagum dengan kemampuannya juga. ^^

3. Naranty Dara Vikitra, 13 tahun, SMP 80 jakarta

A. aku suka sama jenny tompel. wahaha soalnya jarang banget ada cewek perkasa kayak dia. walaupun dia judes tapi aku ngebayangin pasti tampangnya lawak banget waktu dia mohon-mohon dipanggil J LO. dan aku ngakak banget waktu baca kalo bodyguard nya jenny bajaj rada takut sama jenny tompel. jenny bajaj emang perkasa :D

B. aku nggak suka sama johan. hii kayaknya dia serem banget kalo dibayangin. ditambah dia psikopat-,- aku nggak suka karena kayaknya dia sok akrab sama hanny. hanny nya juga pasti males kali-,- terus dia ngatain guru seenak jidatnya-,- aku kan anak yang hormat guru kayak jenny angkasa-,- aku tersinggung lah hahah............


Komentar Lexie: Suka banget sama selera humor Naranty, en juga acungkan jempol karena Naranty anak yang hormat sama guru. ^^

4. Nur Hafifah Aini (Ain), 21 tahun, Kampus UPI

Aku mo nyoba ikutan kuis ah,,,
Walo jujur nih bingung nenntuin yg mana musti dipilih tp ya yg saat ini pengen aku tulis banget hehe
a. Siapa tokoh dalam OBSESI yang paling kamu suka dan apa alasannya?Jenny Angkasa.Walau gimanapun kalo baca novel tetep aja yang aku suka tokoh utamanya.Digambarin sesempuran apapun atau se kuarang apapun aku ujung-ujungnya suka tokoh utama.Well menurutku Jenny sungguh super baik. Dari Jenny aku belajar harus seperti apa seorang sahabat,karena susah banget jadi seperti Jenny,Dia mau berkorban demi sahabat hal yang klise memang tp perlu dicontoh sekali.Sahabat buakan berarti ada disaat kita senang tp dlm hal apapun sahabat ada.itulah arti seorang sahabat.Jenny digambarin Mba Lexie seorang yang mau berkorban dan untuk sekarang dibutuhkan banget sosok sahabat seperti Jenny.Makanya aku suka Jenny yang uda sedit ngajarin aku apa arti seorang sahabat.
B. Siapa tokoh dalam OBSESI yang paling kamu sebel dan apa alasannya?Mama Johan.Sebenernya aku dibikin enggap sm sifat Mama Johan.Dilain pihak aku merasa sebal dilain pihak aku merasa kasian dan prihatin.Menurutku sangat manusiawi mama johan bersifat defensif seperti itu.Karena suatu hal yang manusiawi banget sesorang mencari pelampiasan.Dan mama johan mencari pelampiasaan dr Johan.Yg menurutku sangat salah.Ga mungkin johan tega ngebunuh adiknya sendiri,apalagi dituduh oleh orang terdekatnya yaitu ibu yang sangat disayangi sungguh tekanan batin buat johan,Harusnya mama johan ga bersifat kekanak-kanakan dengan bersikap seperti itu.Ada quotes yg aku sukai "Dengan meminta maaf tidak akan menjadikan orang tinggi/rendah,dan memaafkan hatinya sangat mulia" qoutes tsb jd pedoman dalam hidupku
Yang perlu mama johan lakuin hanya mememaafkan dan mama johan ga memilih seperti itu mama johan lebih memilih kematian itulah yang sangat bikin aku sebal,Tuhan aja mau memaafkan umatnya yang sungguh2 merasa bersalah.
Wah panjang bener komenku.Moga sedikit bisa ngegambarin rasa sukaku sama Novel Obsesi Mba Lexie,
Salam manis dariku :)


Komentar Lexie: Aku lebih suka komentar pertamamu ini, Ain, lebih original gitu. Dan terima kasih, Jenny Angkasa juga ngajarin aku jadi sahabat yang lebih baik. ^^

5. Rizky Pratama (Ribim), 15 th, SMPN 11 Malang.

Wah...Nulis jawaban tentang tokoh yang paling aku suka dan aku sebel dari novel OBSESI rasanya susah banget...Soalnya aku suka semua tokoh yang ada di dalam novel ini, yang di gambarkan oleh kak Lexi kalau seolah-olah tokoh-tokoh tersebut bener-bener hidup dan membuat aku merasa bener-bener mengenal tokoh-tokoh tersebut. Tapi, tentunya aku harus bisa memilih mana tokoh yang paling aku sukai dan sebeli karena pada dasarnya hidup itu adalah sebuah pilihan,dimana setiap persoalannya harus kita selesaikan dengan cara memilih, dan tentunya kita harus memilih yang paling baik di antara pilihan itu(wah lebay banget nih aku,tapi masih mending di banding si Jenny Bajaj). Ya udah, daripada aku cuap-cuap nggak jelas, lebih baik aku mulai jawab sekarang.

A. Tokoh yang paling disukai= Ehem... Kalau tokoh yang paling aku sukai tentu aja Jenny Angkasa. Kalau ditanya kenapa? alasannya simple aja, karena sifat yang dimiliki Jenny itu unik banget bagi seorang remaja cewek, dia itu tipekal cewek idaman cowok deh(termasuk aku, hehehe). Dan yang paling membuat aku suka dengan seorang Jenny adalah karena hatinya yang baik,yang tidak egois dan lebih mengedepankan teman daripada dirinya sendiri. Ia rela mengorbankan perasaannya demi Hanny, seorang teman yang memusuhinya. Bukan hanya itu saja, dari Jenny aku juga belajar bahwa kejahatan tidak semestinya dibalas dengan kejahatan, melainkan seharusnya kejahatan harus di balas dengan kebaikan karena kebaikan itu kuat dan kebaikan yang didasari oleh rasa rela berkorban akan dapat mengalahkan kejahatan seutuhnya.

B. Tokoh yang paling di sebeli = Aku paling sebel sama Johan, dia itu obsesif banget. Aku tau semua orang pasti punya obsesi, tapi cara Johan untuk mendapatkan obsesinya itu sudah diluar kewajaran. Dia bertindak seolah-olah di dunia ini hanya dia yang memiliki obsesi dan dia juga menghalalkan segala cara serta tidak segan-segan menyakiti orang lain untuk meraih obsesinya(hiii...serem ngebayangin kalau kenal orang seperti Johan,sadis abis). Dan dengan sifatnya itu, aku jadi menganggap bahwa Johan itu cerdik tapi bodoh. Cerdik atas rencananya yang sudah di atur sedemikian rupa tapi bodoh karena dia tidak tahu bahwa segala sesuatu yang di awali dengan keburukan, pastinya juga akan berdampak buruk pada akhirnya.

Yeah, itulah cerita. Dimana ada tokoh yang baik pasti juga akan ada tokoh yang jahat, ada tokoh yang disukai juga yang di sebali, tapi pada dasarnya dalam sebuah cerita semua tokoh itu saling mengikat dan antara tokoh satu dengan yang lain itu berperan untuk saling melengkapi(oh dear, aku ngomongnya kok ngelantur kemana-mana ya, ya udah daripada makin nggak jelas aku udahin aja deh).

Maaf ya kak kalau nulisnya kebanyakan dan banyak yang nggak pentingnya, terlalu semangat nih aku...

:::salam senyum dan semangat:::


Komentar Lexie: Aku lebih suka komentar pertamamu, Riz, soalnya lebih original. Seperti kataku, aku terharu banget denger kamu bilang Jenny Angkasa tipe cewek yang kamu suka. *usap-usap air mata* Lebih percaya pada dirimu ya Riz, karena percaya atau nggak, kamu langsung kuputuskan jadi pemenang begitu jawaban pertamamu dimasukkan. ^^

Selamat untuk para pemenang dan jangan kecewa bagi yang belum berhasil. Percayalah kesempatan pasti akan datang! Terima kasih atas partisipasi kalian dalam kuis Obsesi kali ini. Many hugs and love to you all.

xoxo,
Lexie

6 comments:

Bintang Toujours Avec said...

. aku menang.... duh senangya ( maklum baru menang satu kali). Makasih juga ya kak atas sarannya... Mulai sekarang aku akan jadi orang yang self confident.

:::Salam senyum dan semangat:::.....

Lexie Xu said...

Iya semangat terus, Riz! \(^.^)/

Naranty Dara Vikitra said...

makaasih yaa kak :D *aduh aku makasih terus* temen SD ku ada yang mirip loh sama jenny tompel. makanya pas baca obsesi serasa reunian (loh?)

Lexie Xu said...

Sama-sama, Naranty. Wah punya temen SD kayak Jenny Tompel? Reuniannya mengerikan dong... hehehe...

Naranty Dara Vikitra said...

kak makasihh yaa novelnya udah nyampe loh :D keren banget kak serius deh apalagi si frankie hehe :D

Lexie Xu said...

Wahh senengnya Naranty suka \(^.^)/